Tuesday, April 3, 2012

Khasiat Propolis

Propolis adalah satu dari empat produk lebah yang terkenal. Tiga lainnya yang terkenal adalah produk lebah madu (madu), bee pollen dan royal jelly. Propolis adalah sejenis lebah produk cair yang berasal dari daun berbagai tanaman dicampur dengan air liur lebah. Propolis berfungsi untuk melindungi dan mensterilkan sarang lebah dari gangguan virus kuman,, bakteri dan jamur. Propolis adalah seperti "benteng" adalah anti bakteri alami (didesinfeksi) yang membunuh semua jenis bakteri.

Propolis memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap dan kompleks. Terdapat lebih dari 300 unsur penting yang terkandung dalam propolis. Diantaranya adalah: flavonoid, chalcones, dehydrocalcones, asam alipatik dan ester lainnya, asam alipatik rantai panjang, minyak volatil rantai pendek, asam aromatik dan ester lainnya, asam benzoat dan turunannya, aldehida, senyawa alkohol, asam sinamat dan turunannya, ketine , fenol, asam amino, vitamin, dan mineral.

Bila diurai, gambar yang dihasilkan dari isi kuantitatif propolis kurang lebih sebagai berikut:

A. 55% getah bening

2. 7,5-35% lilin

3. 10% dari minyak atsiri

4. 5% serbuk sari

5. 5% asam amino

6. 4,4-19% dari minyak terbang

Propolis Manfaat untuk Manusia

Diketahui bahwa propolis mengandung sangat lengkap dan berguna untuk kesehatan. Propolis dapat digunakan untuk meyembuhkan berbagai penyakit pada manusia.

Propolis memiliki lebih dari 60 manfaat positif bagi tubuh manusia. Manfaat positif dari propolis meliputi: mengaktifkan makrofage, menghambat pertumbuhan sel tumor pada usus besar, efek pembekuan darah, alergy, anti mikro organisme yang tahan terhadap asam, anti alergi, anti bakteri, anti biotik, anti jamur, anti depresi, anti pendarahan, anti herves, anti infeksi, didesinfeksi, anti-peradangan, anti leukemia, anti tuberkulosis, anti-oksidan, anti kejang, anti stres, anti-septik, anti virus, mengurangi efek yang merugikan yang disebabkan oleh alkohol dan merokok, menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol darah, menghaluskan kulit, anti glaukoma, menurunkan resiko pecahnya pembuluh darah, mengurangi efek negatif radiasi kanker, anti radiasi matahari, meningkatkan biosintesis protein.

Mengacu pada pendapat berbagai ahli, berikut adalah beberapa manfaat propolis menurut mereka:

    Propolis berguna dalam mengaktifkan kelenjar timus yang berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh (John Diamond MD)
    Propolis sebagai antibiotik alami yang berguna melawan berbagai penyakit tanpa efek samping (Ray Kupinsel)
     Propolis berguna untuk menyembuhkan berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur (Prof Arnold Becket)
    Propolis mengandung vitamin anti-biotik dan anti-virus, alami, asam amino, mineral yang sangat mujarab untuk penyakit mulut, tenggorokan (Rusia Tim Penelitian)
    Propolis berkhasiat untuk penyakit kandungan lemak tinggi dalam darah dan penyakit jantung (Dr Fang Chu, Lien Yu Kang Hospital Tiongkok)
    Propolis mengandung CAPE (Cafeic Phenetyl Ester) yang berkhasiat membunuh sel kanker tersebut. Dengan penggunaan rutin zat CAPE selama 6 bulan dapat mengurangi kanker sebesar 50% (Columbia Cancer Research Institute, 1991)
     Bioflavanoid yang terkandung dalam propolis penurun berkhasiat radikal bebas disebabkan oleh polusi, bahan pengawet dan bahan kimia lainnya ke dalam tubuh. Kemampuan bioflavanoid setara dengan kemampuan 500 buah jeruk (Dr K. Lund Aagaard, dalam "Propolis, Zat alami, cara untuk kesehatan" nya)

Manfaat lain dari Propolis

Zaman modern identik dengan lingkungan yang kurang sehat. Berbagai polutan mencemari udara yang kita hirup, air yang kita minum dan makanan yang kita makan. Itu semua dapat menyebabkan berbagai penyakit. Propolis Propolis ekstrak yang mengandung 20% ​​dan kandungan bioflavonoid dari lebih dari 23 000 ppm pada 100 ml masing-masing nya adalah produk yang tepat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Berikut adalah beberapa manfaat lain dari propolis:

A. Propolis sebagai antibiotik alami, antivirus dan antijamur tanpa efek samping.

2. Propolis berguna untuk mengobati penyakit yang berhubungan dengan bakteri, misalnya: thypus, diare / muntah dan sebagainya.

3. Propolis berguna untuk mengobati penyakit yang berhubungan dengan virus, seperti demam berdarah, flu, TBC dan sebagainya.

4. Propolis berguna untuk mengobati penyakit yang berhubungan dengan jamur, seperti eksim, panu, keputihan, ketombe, dan sebagainya.

5. Propolis sebagai obat anti-inflamasi (dan infeksi luka), seperti bisul, luka, sakit tenggorokan, congek, sakit gigi, radang ginjal, luka bakar dan sebagainya.

6. Propolis sebagai anti-kanker dan sel-sel bermutasi, seperti kanker, tumor, mioma, kista, dan sebagainya.

7. Propolis diyakini untuk membersihkan dan detoksifikasi pembuluh darah.

8. Propolis berfungsi sebagai pembuangan racun, seperti asam urat, kolesterol, trigliserin, darah tinggi, penyakit jantung, stroke, diabetes mellitus, dan sebagainya.

9. Propolis juga dapat mengobati penyakit seperti arteriosklerosis atau pengapuran pembuluh darah oleh lemak, infeksi berbagai, gangguan pencernaan, gangguan pernafasan, Penyakit syaraf, arthritis dan rematik.

10. Propolis sebagai penetral racun ampuh dalam tubuh dan pada saat yang sama berfungsi sebagai anti-oksidan kuat.

11. Berkhasiat propolis dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas.

0 comments: