Thursday, January 12, 2012

Diet Untuk Anak

Diet Untuk Anak - Saya adalah seorang ibu dengan dua anak, masing-masing berusia 10 dan 7 tahun. Beberapa bulan lalu, saya (38) dan suami (40) pemeriksaan kesehatan. Tidak ada masalah kesehatan yang ditemukan pada kami berdua, kecuali kadar gula suami 130 mg / dl.
Menurut dokter, suami saya tidak dapat disebut diabetes. Dokter menyarankan suaminya pada diet makanan sehat dan rendah gula dan berolahraga secara teratur.

Terima kasih Tuhan, sekarang darah suami saya kadar gula normal. Namun, kita prihatin sekali jika dua anak kami kemudian menderita diabetes juga. Meskipun kadar gula darah saya normal, keluarga saya banyak yang menderita diabetes, serta keluarga suami. Dengan demikian, faktor genetik sangat kuat.

Jadi, sejak ayahnya memulai diet, kita juga mendapatkan anak-anak untuk memperbanyak buah dan sayuran, makan makanan / minuman yang dikonsumsi diet seperti ayahnya, seperti minuman diet ringan (rendah kalori), susu rendah lemak, atau permen yang diet. Untuk pengetahuan saya dengan memperbaiki diet mereka dapat mencegah diabetes kemudian. Tapi aku juga ragu penyediaan produk-produk diet. Apakah aman dan tidak mengganggu pertumbuhan mereka?

Nina, Jakarta

Jawaban:

Memang benar bahwa faktor genetik memainkan peran penting dalam timbulnya diabetes. Namun, perlu diketahui juga bahwa faktor lingkungan (pola makan, gaya hidup, dan olahraga) alih peran dalam memicu diabetes. Meskipun ibu suami menderita pra-diabetes termasuk, namun terbukti untuk menjalani gaya hidup sehat dapat dikontrol sehingga gula darah diabetes dapat dicegah / ditunda.

Sejak anak-anak kecil harus dibiasakan dengan gaya hidup sehat: makan makanan yang bergizi, sehat dan seimbang, serta berolahrga teratur. Sayangnya, gaya hidup ini, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, tidak mendukung melakukan ini sehingga perlu usaha ekstra dan orang tua untuk mewujudkannya.

Namun, jika anak-anak diberi makanan / minuman diet? Saya pikir, jika berat badan anak Anda normal (terutama jika kurang) dan tidak menderita diabetes tidak perlu diberi produk diet. Bagaiamanapun, anak-anak sebagai anak-anak membutuhkan kalori untuk pertumbuhan modal. Kebutuhan anak untuk kalori per kg berat badan lebih besar daripada orang dewasa. Jika kalori dan protein yang masuk ke dalam tubuh kurang, maka pertumbuhan akan terganggu.

Belum lagi jika Anda mempertimbangkan efek dari konsumsi pemanis buatan dalam jangka panjang. Saat ini jenis pemanis sakarin, aspartam, sucralose, neotame, dan kalium asesulfam, dinyatakan aman untuk digunakan sampai batas tertentu. Tapi jika tidak perlu, lebih baik tidak dikonsumsi. Sejak anak-anak kecil harus dibiasakan dengan makan sayuran yang sehat dan seimbang dengan buah dan masing-masing porsi 2-3 porsi sehari. Selain itu, anak juga perlu membiasakan untuk tidak banyak ngemil dan makan makanan yang manis.

Perlu diingat, sumber gula dalam tubuh tidak hanya berasal dari gula (gula pasir, gula merah, dll). Sebagai contoh, jika kita makan sepotong kue, gula (glukosa) yang akan diukur dalam darah, selain dari gula dan tepung. Memberikan anak makanan dengan pemanis buatan tidak akan menghilangkan kecenderungan mereka cintai permen. Jadi, bukannya memberikan minuman diet ringan, lebih baik untuk menggantinya dengan air ibu, susu segar murni, atau jus buah tanpa gula. Jika anak suka makan kue coklat misalnya, mulai dianjurkan untuk mengurangi porsi dan kekurangan mengganti dengan mengonsumsi buah segar.

Anak-anak juga harus membiasakan diri berolahraga. Jika keadaan rumah dan lingkungannya tidak memungkinkan anak banyak bergerak, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Masukkan mereka ke klub sehingga mereka akan berolahraga secara teratur berlatih. Ganti acara di mal dengan berjalan-jalan di taman pada hari Sabtu / Minggu.

Cara lain yang praktis adalah untuk tidak membawa anak Anda dengan mobil sampai depan sekolah. Hal ini tergantung pada lingkungan sekolah. Lebih rendah anak setiap pagi di tempat yang Anda rasa cukup aman untuk pejalan kaki dan membiarkan anak-anak berjalan ke sekolah.

0 comments: