Tuesday, November 15, 2011

Gelombang Laut di Bengkulu Tiga Meter

BENGKULU - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu memprakirakan tinggi gelombang laut di samudra Hindia Barat Bengkulu berkisar antara dua hingga tiga meter, lebih tinggi dari sebelumnya hanya dua meter.

"Gelombang laut di perairan Bengkulu dan perairan Enggano berkisar antara dua hingga 2,5 meter," kata analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Harist Syahid Hakim, Minggu (13/11/2011).

Ia juga memprakirakan, angin di Barat Bengkulu berpeluang berhembus dari arah barat hingga timur dengan kecepatan antara 05-20 knot sehingga di wilayah itu berpeluang hujan ringan.

Sedangkan angin di perairan Bengkulu akan bertiup dari arah barat daya hingga timur laut dengan kecepatan antara 03-16 knots. Kecepatan angin di perairan itu diperkirakan berhembus dari arah tenggara hingga barat laut dengan kecepatan berkisar 05-18 knots.

Pada peringatan dini BMKG selama 12 jam ke depan, berpeluang terjadi gelombang laut tinggi antara dua hingga 3,5 meter di perairan samudra Hindia Barat Sumatra hingga Selatan Jawa.

Dari analisa pantauan citra satelit cuaca terlihat adanya peluang pertumbuhan awan dan hujan disertai badai guntur cukup intens di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Jambi, Palembang, Bengkulu hingga perairan Lampung.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah timur hingga barat dengan kecepatan antara 05 - 27 kilometer perjam atau brkisar antara 03 - 15 knots.

Cuaca di wilayah Bengkulu 12 jam ke depan pada umumnya terjadi berawan dan berpeluang turun hujan ringan pada sore hingga malam hari, dan suhu udara berkisar 23-31 derajat celcius dengan kelembaban antara 65-97 persen, ujarnya.

Seorang nelayan di kawasan pesisir pantai Bengkulu Hermawan mengatakan, meski ada peringatan dini dari BMKG bahwa gelombang akan tinggi mencapai tiga meter, namun pihaknya tetap melaut.

"Kami tetap melaut, bila tidak akan kehilangan pendapatan karena produksi ikan saat ini cukup menggiurkan," ujarnya.

0 comments: