Friday, February 11, 2011

EDITORS CHOICE, SRI MULYANI : THE BEST INDONESIAN LEADER 2009

type='html'>Mbak Ani, panggilan akrab Menteri Keuangan wanita pertama Indonesia ini berhasil mendapatkan beragam apresiasi dan penghargaan internasional, diantaranya adalah : Menteri Keuangan Terbaik Asia 2006 dari Emerging Markets pada tanggal 18 September 2006 (pada event Sidang Tahunan Bank Dunia dan IMF di Singapura). Selain itu juga Sri Mulyani juga berhasil mendapatkan gelar Wanita Paling Berpengaruh ke-2 di Indonesia versi majalah Globe Asia pada bulan Oktober 2007. Melengkapi gelar tersebut, Sri Mulyani juga berhasil meyakinkan masyarakat internasional dengan terpilih sebagai wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia versi majalah Forbes pada tahun 2008.

Lahir di Tanjungkarang, Lampung 26 Agustus 1962. Sri Mulyani Lulus dari Fakultas Ekonomi Universitas IndonesiaI pada tahun 1986,Mendapatkan gelar master dan doktor dalam bidang ekonomi dari University of Illinois at Urbana-Champaign, Amerika Serikat, berturut-turut pada tahun 1990 dan 1992.

Isteri dari Toni Sumartono yang dikaruniai tiga orang anak ini -Dewita Illinia, Adwin Haryo Indrawan dan Luqman Indra Pambudi - adalah menteri wanita pertama di Indonesia untuk tiga jabatan yang pernah dan sedang disandangnya, yaitu Menteri Negara Perencanaan pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Menteri Keuangan dan Plt. Menko perekonomian Kabinet Indonesia Bersatu. Sri Mulyani juga adalah wanita pertama Indoensia yang menduduki jabatan Executive Director IMF untuk area 12 negara Asia Tenggara.

Dilihat dari berbagai journal dan karya ilmiah serta pengalaman kerjanya, murid dari Prof Dr. Widjojo Nitisastro ini memiliki expertise dan interest di bidang ekonomi makro, mulai dari teori moneter, kebijakan industri kecil, analisa krisis dan nilai tukar, dll.

Ketegasan dan konsistensi Sri Mulyani adalah kekuatan sekaligus diferensiasi yang merupakan demosntrasi leadership unggul yang patut untuk diapresiasi dan diteladani, selain kompetensi dan pengalaman yang lengkap terkait bidang tugasnya. Ketegasan dan konsistensi tersebut dibuktikan ketika Sri Mulyani berniat mengajukan pengunduran dirinya kepada Presiden SBY (Rabu 5 Nopember 2008, sumber : tempointreaktif) terkait intervensi pemerintah pada saham BUMI (Bumi Resources) yang di-suspend sejak tanggal 7 Oktober (akibat ketidak jelasan corporate action yang menyebabkan harga BUMI jatuh drastis). Sikap ambigu otoritas bursa terkait rencana aksi korporasi antara BUMI dan Northstar Pacific tersebut pantas membuat Sri Mulyani kecewa, karena Menkeu-lah yang seharusnya bertanggung jawab dan mempunyai otorisasi untuk mengawal, mengarahkan dan meminta pertanggung jawaban manajemen BEI.

Menteri keungan Republik Indonesia memang seorang wanita sekaligus ibu rumah tangga. Tapi kemampuan, intelektualitas dan leadershipnya tidak kalah dengan seorang pria, bahkan mungkin lebih baik.

bicarawanita.com - blog dan majalah wanita anda, sekali lagi ingin membuktikan bahwa gender (jenis kelamin) tidak relevan dipertanyakan, apabila itu terkait dengan semangat dan pilihan sikap.

Mempertimbangkan enam kriteria utama, yaitu VISI, REPUTASI, KOMPETENSI, INTELEKTUALITAS, LEADERSHIP dan SPIRIT dari 27 kandidat pemimpin yang ada, editors choice untuk THE BEST INDONESIAN LEADER 2009 akhirnya jatuh kepada Sri Mulyani Indrawati. Selamat dan Jayalah Wanita-wanita Indonesiaku.

0 comments: