Saturday, February 12, 2011

Manis dan Pedas dalam 1 Botol

NADIA FELICIA Rima Melati Adams (kiri) dan Shahnaz Haque memamerkan hasil masakan mereka pada peluncuran Kecap Pedas ABC di Supermal Karawaci, Jumat, 28 Januari 2010. Artikel Terkait: Si Hitam Manis yang Cepat Meresap Menikmati Lezatnya Sate Jepang Tim Ikan Saus Kecap Ayam Tumis Basah Kecap Ayam Kecap dengan Kentang GramediaShop : Tepi Air (shuihu Zhuan) Jilid 4 GramediaShop : Tarothalia Jumat, 28/1/2011 | 19:05 WIB

KOMPAS.com - Apa saja bumbu yang paling sering Anda gunakan untuk memasak sehari-hari? Menurut data survei yang dilakukan oleh lembaga penelitian independen, TNS, pada bulan Juni 2009 lalu, bumbu masak yang paling sering digunakan oleh para ibu di Indonesia adalah kecap dan cabai. Tak jarang pula kedua bahan ini dicampurkan untuk dijadikan bumbu atau penambah rasa makanan. Melihat adanya pasar di sini, Heinz ABC meluncurkan satu varian kecap baru, Kecap Pedas ABC.

"Kami sudah melakukan survei terhadap sekitar 200 ibu pengguna kecap di Jakarta, Surabaya, dan Bandung 2 tahun yang lalu. Hasil tes pasar tersebut mengatakan bahwa mereka cukup puas dan menunjukkan ketertarikan pada rasa manis-pedas kecap kami ini," jelas Muhammad Kahfi, Brand Manager Kecap Pedas ABC saat peluncuran di Supermal Karawaci, Jumat, 28 Januari 2011.

Diterangkan lagi oleh Kahfi, para responden mengungkapkan dua hal yang menjadi keunggulan Kecap Pedas ABC, yakni kepraktisan dan menambah rasa pada makanan. Dua faktor tersebut membuat Kecap Pedas ABC merasa yakin bisa memberi pengalaman baru kepada para ibu yang ingin memasak dan menciptakan rasa paduan manis dan pedas itu.

Menurut Kahfi dan para tamu yang menjadi undangan pada acara peluncuran, yakni Shahnaz Haque Ramadhan (MC dan presenter) dan Rima Melati Adams (praktisi tata boga dan ibu rumah tangga), Kecap Pedas ABC ini banyak membantu mempercepat proses pemasakan. Shahnaz yang sejak lama mengaku tidak pandai memasak ini merasa terbantu dengan hadirnya Kecap Pedas ABC, "Saya ini tidak pandai memasak. Tetapi, dengan menggunakan kecap ini, jadi lebih mudah untuk saya. Tinggal masukkan saja semuanya. Masakan jagoan saya, Oseng-oseng Tempe. Tinggal bikin tempenya, masukkan kecapnya. Tidak repot potong-potong cabai."

Sementara Rima Melati Adams, yang juga adalah istri dari penyanyi Marcell Siahaan mengatakan, "Di dalam satu botol sudah tercampur manis kecap dan pedas, jadi memudahkan saya untuk bereksperimen. Tidak perlu ngulek-ngulek, motong-motong, bahkan tidak lagi perlu menggunakan bawang dalam masakan. Karena bawang kan rasanya manis, tetapi kan sudah ada rasa manis dari kecapnya."

Rima Melati Adams mengatakan, melihat konsistensi dan karakteristik kecap ini, bisa digunakan untuk masakan seperti oseng-oseng, tumisan, nasi/mie goreng, barbekyu, bahkan sup. Namun, ia mengingatkan, untuk masakan seperti oseng-oseng, sebaiknya Kecap Pedas dituang beberapa menit sebelum makanan diangkat agar tidak terjadi karamelisasi atau kelengketan kecap. Sementara untuk tumisan, dapat dituang sejak awal karena ada campuran air.

Saat ini Kecap Pedas ABC sudah dipasarkan ke seluruh Indonesia dengan kisaran harga antara Rp 500 (sachet 20 gr) - Rp 9.500 (botol 275 ml).


NAD

0 comments: